Pasar Youtefa Jayapura Tutup Lagi, 100-an Pedagang Positif Covid-19 Belum Dikarantina

Antara ยท Sabtu, 11 Juli 2020 - 08:25 WIB
Pasar Youtefa Jayapura Tutup Lagi, 100-an Pedagang Positif Covid-19 Belum Dikarantina
Pedagang Pasar Youtefa ikut rapid test. (Foto: iNews/Edy Siswanto).

JAYAPURA, iNews.id - Sebanyak 100-an pedagang di Pasar Youtefa Jayapura terkonfirmasi positif Covid-19. Kondisi tersebut membuat pemerintah daerah (pemda) kembali menutup aktivitas jual-beli di tempat tersebut.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Rustan Saru mengatakan, seratusan pedagang ini belum dikarantina. Selain itu ada puluhan lainnya yang belum menjalani tes swab, sehingga dikhawatirkan menular ke pembeli dan masyarakat luas.

"Mulai Sabtu (hari ini) hingga Senin besok Pasar Yotefa kembali ditutup," kata Rustan di Kota Jayapura, Papua, Jumat (10/7/2020).

Tujuan penutupan pasar, kata dia, untuk mensterilkan area pasar. Kemudian sebanyak 38 pedagang yang belum diketahui status kesehatannya, bakal menjalani tes swab.

Tim dari gugus tugas juga akan menjemput sekitar 100 orang pedagang yang menjalani karantina mandiri. Mereka akan diarahkan untuk ikut program isolasi di hotel yang menjadi program Pemerintah Kota Jayapura.

"Ada 115 pedagang yang positif Covid-19 sudah di karantina di Hotel Sahid, sisanya kurang lebih sekitar 100-an orang yang mau dijemput," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jayapura, menutup sementara operasional Pasar Youtefa selama tiga hari yakni pada 27 - 30 Juni. Kebijakan itu diambil menyusul 364 pedagang reaktif usai menjalani rapid test.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal