Stadion SBY Jayapura Bakal Jadi Tempat Karantina Pasien Covid-19

Herawati ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 12:05 WIB
Stadion SBY Jayapura Bakal Jadi Tempat Karantina Pasien Covid-19
Warga berstatus OTG menjalani karantina di Jayapura. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Stadion Barnabas Youwe (SBY) di Kabupaten Jayapura, Papua, akan dijadikan tempat karantina pasien diduga terinfeksi virus corona. Namun lokasi tersebut disiapkan sebagai alternatif bila lokasi isolasi lain tak dapat menampung jumlah pasien lagi.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengatakan, lokasi karantina yang disiapkan antara lain Wisma Atlet di Doyo Baru dan RSUD Yowari. Saat ini ada tambahan tempat yakni Stadion SBY sebagai alternatif kedua.

"Stadion SBY sebagai alternatif kedua untuk penanganan pasien Covid-19 di Jayapura," kata Bupati Mathius di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (17/6/2020).

Dia mengatakan, Wisma Atlet Doyo Baru dan Stadion SBY akan menjadi tempat isolasi untuk pasien berstatus orang dalam pemantauan (ODP) atau mereka yang tanpa gejala (OTG). Sedangkan rumah sakit, dikhususnya untuk pasien yang dalam kondisi kritis.

"Kami siapkan lokasi karantina jika terjadi lonjakan pasien. Apalagi saat ini sudah ada 1.000-an warga di Kabupaten Jayapura menunggu hasil tes swab," katanya.

Sebanyak 1.000-an orang ini merupakan mereka yang sudah menjalani rapid test dan dinyatakan reaktif. Pemerintah daerah (pemda), kata dia, tentu harus memiliki fasilitas tambahan bila nantinya terjadi penambahan pasien positif dalam jumlah signifikan.

Namun dia tetap berharap hasil tes swab seribuan warga ini tetap negatif. Dengan begitu tidak ada penambahan kasus Covid-19 besar di daerah tersebut dan tim bisa langsung memutus mata rantai penularan virus corona.

"Jika ini terus mengalami peningkatan konsekuensinya rumah sakit pasti mengalami over kapasitas," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal