TNI Polri Jaga Ketat Perbatasan Maybrat, Warga Mengungsi Didata

Chandry Andrew Suripatty ยท Jumat, 10 September 2021 - 14:55:00 WIT
TNI Polri Jaga Ketat Perbatasan Maybrat, Warga Mengungsi Didata
Personel gabungan TNI Polri berjaga-jaga di wilayah rawan Papua. (Foto: Dok iNews).

MANOKWARI, iNews.id - Personel TNI Polri menjaga ketat perbatasan daerah di Kabupaten Maybrat, Papua Barat. Warga yang mengungsi akibat teror kelompok kriminal bersenjata (KKB) didata oleh petugas pemerintah daerah.

Warga mengungsi mendapat bantuan dari pemerintah daerah melalui dinas sosial. Sebab masih banyak dari mereka yang belum bisa beraktivitas normal lantaran takut ancaman KKB.

Kependam XVIII/Kasuari, Kolonel Hendra Pesireron mengatakan, warga sudah diimbau untuk pulang ke rumah masing-masing, lalu beraktivitas normal seperti biasanya.

"TNI menjaminan keamanan penuh kepada masyarakat untuk kembali beraktivitas seperti biasa di kampungnya," kata Kolonel Hendra di Kabupaten Manokwari, Kamis (9/9/2021).

Menurut dia, tugas utama TNI selain menjaga kedaulatan negara, juga menjamin keamanan masyarakat dari ancaman KKB yang berafiliasi dengan KNPB di daerah tersebut.

"KNPB sempat menguasai sejumlah tempat di wilayah Aifat dan mendoktrin masyarakat untuk menolak pembangunan. Tapi dengan kehadiran TNI bersama Polri, kami pastikan tidak ada tempat lagi bagi mereka," ujarnya.

Sebelumnya Dandim 1809/Maybrat, Letkol Inf Harry Ismail, menyebut kampung warga di Aifat Selatan sudah aman. Personel TNI Polri berjaga intensif di lokasi tersebut.

Hal ini disampaikan saat mendatangi lokasi tempat para warga mengungsi dan memberikan imbauan agar mereka bisa kembali ke rumah masing-masing.

"Wilayah Distrik Aifat Raya sudah aman terkendali dan terus dijaga prajurit TNI dan polisi," kata Letkol Inf Harry.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: