Viral 3 Orang Ngaku Pejabat Negara Federal Papua Barat Kunjungi Kota Sorong, Disambut Antusias Warga

Chandry Andrew Suripatty ยท Senin, 19 September 2022 - 11:05:00 WIT
Viral 3 Orang Ngaku Pejabat Negara Federal Papua Barat Kunjungi Kota Sorong, Disambut Antusias Warga
Sebanyak tiga orang yang mengaku sebagai pejabat Negara Federal Republik Papua Barat (NFRPB) mengunjungi Kota Sorong, Selasa (13/9/2022). (Foto: Istimewa)

“NFRPB sudah membagi KTP kepada seluruh penduduk sehingga kami ingin mengecek secara langsung apakah seluruh masyarakat sudah memiliki KTP NFRPB selain KTP NKRI. Kalau di Mamta, Mepago dan Lapago seluruh penduduknya sudah memiliki KTP NFRPB dan juga memiliki KTP NKRI,” ungkap Marthen.

Ditambahkan Marthen, pihaknya tidak meminta merdeka atau mendirikan negara baru. Akan tetapi hanya minta pengakuan kedaulatan dari NKRI karena bangsa Papua sudah mendeklarasikan NFRPB di Lapangan Zakeus, Abepura, Jayapura, pada 19 Oktober 2011 lalu.

Lebih lanjut, Marthen mengatakan, Indonesia juga sudah mengakui secara diam-diam NFRPB. Hal ini dibuktikan dengan adanya pemberian uang dari Pemerintah Indonesia (Presiden KH. Abdul Rahman Wahid saat itu) sebesar 1 miliar rupiah untuk menyelenggarakan Kongres Rakyat Papua II dan juga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat itu memberikan surat kepada Dirjen Otonomi Daerah untuk menghadiri Kongres Rakyat Papua III di Jayapura sebagai pembicara.

Sementara, Staf Khusus Presiden NFRPB, Letjen Elias Wetipo dalam kesempatan yang sama mengatakan, kedatangan pihaknya ke Kota Sorong untuk membenahi struktur pemerintahan dari gubernur hingga bupati dan camat sekaligus melihat panglima wilayah dan stafnya yang selama ini masih merasa ketakutan.

“Jadi, mulai hari ini jangan takut dengan Indonesia karena indonesia itu sahabat bukan musuh dan juga bukan kolonial. Kalau ada yang menilai Indonesia itu musuh dan kolonial itu adalah pendapat yang salah,” tegas Wetipo.

Wetipo menambahkan, pihaknya tidak meminta referendum. Akan tetapi hanya meminta pengakuan kedaulatan dari Indonesia.

Editor : Rizky Agustian

Bagikan Artikel: