Tokoh Agama Papua Desak Lukas Enembe Gentleman Hadapi Proses Hukum: Contoh Pejabat Lain

Edy Siswanto · Minggu, 18 September 2022 - 19:34:00 WIT
Tokoh Agama Papua Desak Lukas Enembe Gentleman Hadapi Proses Hukum: Contoh Pejabat Lain
Gubernur Papua Lukas Enembe. (Foto: Okezone)

SENTANI, iNews.id - Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jayapura, Alberth Yoku, mendesak Gubernur Papua Lukas Enembe untuk berani menghadapi kasus hukum yang menjeratnya. Dia meminta Lukas Enembe mencontoh pejabat Papua lain yang berani mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Seperti orang-orang tua kita, abang-abang kita, adik-adik kita, seperti Bapak Barnabas Suebu, Jhone Ibo bupati yang berkasus saat ini, dan pejabat lain, itu mereka gentle hadapi proses hukum. Orang bilang Papua banyak korupsi, ya buktikan, kalau bersalah ya pertanggungjawaban kalau tidak ya bebas," kata Alberth Yoku, Minggu (18/9/2022).

Sikap kesatria tersebut, diharapkan Alberth, dapat meredam emosi masyarakat yang selama ini mengganggu keamanan di Papua.

"Kalau gentle begitu tidak akan menjadi boomerang yang memicu emosi kesukuan, emosi Kedaerahan, dengan melakukan demonstrasi dan lainnya," katanya.

Ditegaskan dia, Tanah Tabi adalah tanah adat yang jika orang berbuat salah maka ada sanksi, sebaliknya apabila berbuat benar maka dipuji dan dihormati. Sehingga prinsip kebenaran harus dijunjung tinggi.

"Papua ini orang melihat sebagai Provinsi termiskin, terkorup dan terendah IPM (Indeks Pembangunan Manusia, red) dan juga untuk good governance yang kurang dan provinsi yang tidak nyaman. Dalam situasi ini, kita semua harus punya visi dan misi bersama, bahwa orang Papua itu punya harga diri, integritas baik secara adat maupun iman yang dimiliki. Prinsip kejujuran dan kebenaran harus dikunjungi tinggi untuk mengubah paradigma itu," katanya.

Editor : Rizky Agustian

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: