Warga Pertanyakan Dana Pembebasan Lahan Stadion di Timika Senilai Rp100 Miliar

Antara ยท Senin, 14 September 2020 - 10:20:00 WIT
Warga Pertanyakan Dana Pembebasan Lahan Stadion di Timika Senilai Rp100 Miliar
Stadion sepak bola di Timika. (Foto: Antara).

TIMIKA, iNews.id - Sejumlah warga Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua Provinsi Papua mempertanyakan anggaran fantastis untuk pembebasan lahan seluas 21 hektare di jalan poros SP2-SP5 untuk pembangunan stadion sepak bola. Anggaran yang disiapkan mencapai Rp100 miliar.

Seorang warga, Willem mengatakan, dana Rp100 miliar untuk pembebasan lahan 21 hektare (ha) tidak masuk akal. Dia menduga ada mark-up anggaran untuk kebutuhan stadion tersebut.

"Apakah sudah dihitung sesuai nilai jual objek pajak (NJOP) saat ini atau sengaja dimark-up untuk menguntungkan pihak-pihak tertentu," kata dia di Kota Timika, Minggu (13/9/2020).

Willem yang juga aktivis sosial itu meminta Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Papua cermat dan teliti dalam memproses pembebasan lahan yang kabarnya milik pengusaha konstruksi di Kota Timika ini.

"Kami mendapat informasi bahwa lahan tersebut sebetulnya milik pihak-pihak tertentu. Namun karena mau dijual ke Pemda untuk dibangun fasilitas stadion olahraga, sengaja dialihkan ke pihak swasta," ujarnya.

Warga lainnya, Julinus W, mempertanyakan banyaknya proyek raksasa di Mimika yang menyedot anggaran puluhan hingga ratusan miliar, bukan malah digunakan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat setempat.

"Kami tidak melihat ada azas manfaat dibalik adanya proyek-proyek mercusuar itu. Pertanyaan sekarang, mau bangun stadion di SP5 itu untuk apa, karena tidak dipakai untuk kegiatan PON 2021," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal