Banyak Proyek Besar di Mimika, Warga: Lebih Baik untuk Pemberdayaan Masyarakat

Antara ยท Senin, 14 September 2020 - 14:25 WIT
Banyak Proyek Besar di Mimika, Warga: Lebih Baik untuk Pemberdayaan Masyarakat
Proyek pembangunan jalan di Mimika. (Foto: Antara).

TIMIKA, iNews.id - Warga di Kabupaten Mimika, Papua, sejumlah proyek yang didanai dengan anggaran besar di daerahnya hanya menghambur-hamburkan uang. Padahal dana tersebut akan lebih bermanfaat untuk pemberdayaan masyarakat setempat.

Warga Julinus W mengatakan, salah satu proyek tersebut yakni fasilitas stadion sepak bola di jalan poros SP2-SP5. Alokasi anggaran untuk pembebasan lahannya saja mencapai Rp100 miliar.

"Kami tidak melihat ada azas manfaat dibalik adanya proyek-proyek itu," kata Julinus di Kabupaten Mimika, Papua, Senin (14/9/2020).

Apalagi stadion tersebut tidak akan dipakai untuk perlehatan PON XX 2021 mendatang. Begitu juga jalan lingkar luar dari kawasan Mile 31 menuju Kwamki Lama hingga tembus Bandara Mozes Kilangin Timika.

"Yang paling lucu, Pemkab Mimika mau bangun jalan layang dari Petrosea menuju bandara baru," ujarnya.

Dia mempertanyakan, mengapa anggaran yang besar itu tidak dipecah untuk membangun jalan lingkungan dalam Kota Timika yang banyak berlubang-lubang dan menjadi kubangan lumpur saat hujan.

Padahal dia berharap ada program dan kegiatan yang murni untuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan pelayanan publik. Ketimbang proyek infrastruktur yang belum tentu dirasakan langsung ke warga.

"Kami sangat berharap aparat penegak hukum di Mimika maupun di Provinsi Papua bahkan pusat tidak tutup mata dengan segala permainan ini," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal