Kasus Tabrak Lari di Tolikara, Keluarga Palang Jalan Minta Bayar Denda Adat Rp3 Miliar

Donald Karouw ยท Selasa, 02 Agustus 2022 - 14:02:00 WIT
Kasus Tabrak Lari di Tolikara, Keluarga Palang Jalan Minta Bayar Denda Adat Rp3 Miliar
Kapolres Tolikara AKBP Dicky Hermansyah Saragih bersama rombongan saat mengunjungi rumah duka dan memediasi warga agar membuka palang jalan. (Foto : Humas Polda Papua)

TOLIKARA, iNews.id - Kasus tabrak lari menyebabkan korban tewas terjadi di Jalan Trans Wamena-Tolikara, tepatnya di Desa Bileme, Distrik Poganeri, Kabupaten Tolikara, Papua. Keluarga tak terima lalu memalang jalan tersebut sampai denda adat dipenuhi.

Dalam kasus tersebut, keluarga meminta bupati dari tiga kabupaten yakni Tolikara, Lanny Jaya dan Puncak Jaya masing-masing membayar denda adat Rp1 miliar. Sehingga total denda adat yang diminta keluarga sebesar Rp3 miliar. Sampai denda dibayarkan, warga akan tetap memalang jalan trans yang melintasi desa tersebut.

Sebagai wujud belasungkawa, Kapolres Tolikara AKBP Dicky Hermansyah Saragih, didampingi rombongan PJU Polres dan BKO Brimob menemui keluarga almarhum Arnus Yikwa (27), Senin (1/8/22). Kapolres juga memberikan bantuan sembako kepada mereka.

Kapolres menjelaskan, kunjungan kepada keluarga korban dan masyarakat sekitar untuk menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam dari Polres Tolikara terkait dengan musibah yang menimpa almarhum.

Selain itu, Kapolres juga melakukan pendekatan humanis kepada keluarga korban dengan memberikan pemahaman soal pemalangan menyebabkan aktivitas keluar masuk masyarakat maupun bahan kebutuhan pokok untuk 2 Kabupaten yakni Tolikara dan Puncak Jaya jadi terhambat karena jalan tidak bisa dilalui.

"Ini merupakan tindakan melanggar hukum dan mengganggu kelancaran arus lalu lintas," ujarnya dikutip dari Humas Polda Papua, Senin (1/8/2022).

“Dalam hal ini Kapolres meminta kepada keluarga dan masyarakat sekitar agar dapat membuka palang sehingga aktivitas masyarakat kembali berjalan dengan lancar dan normal, sambil menunggu proses pencairan dana Rp1 Miliar dari masing-masing pemda.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: