Seluruh Pasien Positif di Raja Ampat dan Teluk Wondama Dinyatakan Sembuh

Antara ยท Kamis, 16 Juli 2020 - 13:25 WIT
Seluruh Pasien Positif di Raja Ampat dan Teluk Wondama Dinyatakan Sembuh
Ruang IGD RSUD Sele be Solu Kota Sorong saat disterilkan. (Foto: Antara)

MANOKWARI, iNews.id - Seluruh pasien positif virus corona di Kabupaten Raja Ampat dan Teluk Wondama, Papua Barat, dinyatakan sembuh. Gugus Tugas Penanganan Covid-19 berharap tidak ada penambahan kasus baru, sehingga dua daerah tersebut masuk zona hijau.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Papua Barat, Arnoldus Tiniap mengatakan, jumlah pasien positif sembuh di Papua Barat kini berjumlah 202 orang dari total 292 kasus.

"Dengan adanya penambahan pasien sembuh, saat ini tidak lagi ada pasien positif di Kabupaten Raja Ampat dan Teluk Wondama," kata Arnoldus Tiniap di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Kamis (16/7/2020).

Dia merinci, tiga pasien yang sembuh berasal dari Kabupaten Raja Ampat. Kemudian satu lagi dari Teluk Wondama. Harapannya tidak ada lagi kasus baru di dua daerah tersebut agar segera masuk zona hijau.

Sebelumnya secara akumulasi ada 19 pasien positif di Kabupaten Raja Ampat dan tujuh di Kabupaten Teluk Wondama. Semua pasien sembuh secara bertahap, dan terakhir pada Rabu (15/7/2020) kemarin.

"Kami juga berharap gugus tugas terus bekerja keras untuk mencegah adanya kasus baru," ujarnya.

Arnold pun mengajak masyarakat dan seluruh elemen di dua daerah itu membantu pemerintah daerah serta gugus tugas dalam mencegah temuan kasus baru. Caranya dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Hal inilah yang berhasil diterapkan di Kabupaten Teluk Bintuni dan Manokwari Selatan yang kembali ke zona hijau. Seluruh pasien berhasil sembuh dan tidak ada temuan kasus baru selama empat pekan lebih.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal