Tak Lulus SIP 2021, Anggota Polri OAP Protes di Mapolda dan Rumah Wagub Papua

Chanry Andrew Suripatty ยท Sabtu, 13 Maret 2021 - 07:28:00 WIT
Tak Lulus SIP 2021, Anggota Polri OAP Protes di Mapolda dan Rumah Wagub Papua
Anggota Polri OAP menggelar aksi protes di Mapolda Papua terkait hasil seleksi SIP 2021 yang dianggap tak adil. (Foto: Chanry Andrew Suripatty)

"Peserta seleksi SIP gelombang ke-50 tahun 2021, permintaan kami. Kalau memang itu benar menggunakan dana Otsus, maka harus dibatalkan, karena jumlah atau kuota peserta didik Sekolah Inspektur Polisi di wilayah Polda Papua tidak sesuai dengan apa yang telah disepakati bersama antara Polda Papua dan juga Pemerintah Provinsi Papua," kata Fanny.

Untuk hasil seleksi kali ini, ujar Fanny, diharapakan pihak panitia tidak membawa program Afirmasi Otsus Orang Asli Papua. Sebab, tidak sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan, melainkanmenggunakan kuota reguler. 

"Jadi, kalau memang para peserta seleksi yang lulus itu tetap mau diberangkatkan (mengikuti pendidikan), berarti jangan menggunakan kuota OAP atau Otsus tapi itu menggunakan kuota reguler dari Mabes Polri," ujarnya. 

Sementara itu, Wakil Gubernur Papua Klemens Tinal mengatakan, Pemprov Papua tetap mendukung kemajuan putra-putri asli Papua yang merupakan anggota Polri untuk menempuh pendidikan perwira. Pemprov Papua telah melakukan MoU dengan Polda Papua terkait program Afirmasi Otsus Papua.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: